Tutorial kali ini akan melanjutkan tutorial sebelumnya mengenai memasukkan data. Jika pada tutorial sebelumnya kita memasukkan data berupa data kuantitatif (dalam bentuk angka), maka sekarang kita akan membahas mengenai cara memasukkan data kualitatif pada SPSS. Data yang dimaksud pada tutorial ini adalah data kategori atau data kelompok. Sebagai contoh, kita akan menambahkan variabel baru pada data sebelumnya, yaitu variabel jenis kelamin. Untuk mengetahui tutorial sebelumnya mengenai cara memasukkan data kuantitatif pada SPSS silahkan klik di sini

Data jenis kelamin tentu saja bukan berupa angka, oleh karena itu untuk data seperti ini kita harus melakukan pengkodean. Sebagai contoh kita gunakan pengkodean sebagai berikut :

1 : pria

2 : wanita

Tabel Data Berat dan Jenis Kelamin Siswa

image

Untuk memasukkan data tambahan ke SPSS maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Pertama, buka file yang sebelumnya telah kita buat mengenai memasukkan data dengan cara klik menu File > Open > Data lalu pilih nama file yang kita inginkan.

image

Kedua, klik Variable View lalu pada kolom Name, tambahkan variabel baru, sebagai contoh variabel jenis_kelamin. Pada variabel ini atur juga pada kolom Label, sebagi contoh ketikkan gender sebagai berikut :

image

Ketiga, pada variabel jenis_kelamin, klik kolom Values, sehingga muncul tombol. Klik pada tombol tersebut :

image

Keempat, pada kotak dialog yang muncul isikan Value Labels, isi value 1 label ‘pria’, dan klik Add. Kemudian isi kembali value 2 label ‘wanita’, dan klik Add :

image

Jika sudah klik OK.

Kelima, pada kolom Measure pilih jenis data kategori. Dalam contoh ini kita akan memilih jenis data nominal.

image

Keenam, klik Data View lalu ketikkan kode-kode angka seperti pada tabel data kita di atas.

image

Terakhir, simpan data dengan klik menu File > Save untuk menyimpan dengan nama yang sama atau File > Save As jika kita ingin menyimpan file dengan nama yang berbeda.

Penerapan dari data kualitatif ini misalnya untuk melihat data berat badan siswa berdasarkan jenis kelaminnya, maka varibel berat_badan sebagai ‘Dependent List’ dan variabel jenis_kelamin berfungsi sebagai ‘Factor List’ yang akan kita bahas pada tutorial berikutnya.

 

Bersambung....


0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top