News Breaking
Live
wb_sunny

Terbaru

Download Panduan Formating Ms. Word untuk Penulisan Tesis/Skripsi/Karya Ilmiah

Download Panduan Formating Ms. Word untuk Penulisan Tesis/Skripsi/Karya Ilmiah

image

Penulisan Skripsi & Tesis merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebagai bukti telah dilakukannya penelitian akhir (sebagai tugas akhir) dan berhak menyandang gelar sarjana. Namun penulisan Skripsi & Tesis ini bukanlah hal yang mudah, selain dipusingkan dengan apa yang harus dituliskan, kita dihadapkan pada permasalahan dalam penulisan Skripsi & Tesis tersebut.
Pada umumnya permasalahan dalam penulisan terjadi karena kita tidak mampu mengoptimalkan fitur program aplikasi pengolah kata yang digunakan, salah satunya adalah program aplikasi MS Word 2007. Hampir seluruh isi penulisan Skripsi & Tesis dilakukan secara manual sehingga kesalahan yang terjadi harus diperbaiki satu per satu. Jelas hal ini akan menambah pekerjaan dan menyita waktu kita untuk memperbaiki penulisan Skripsi & Tesis.
Beberapa hal yang sering dilakukan secara manual dan permasalahan yang muncul :

  1. Penomoran bab dan subbab dilakukan secara manual. Permasalahan yang muncul yaitu apabila terjadi penyisipan, pengurangan atau pemindahan bab maupun subbab, maka kita harus mengurutkan kembali nomor bab dan subbab tersebut satu per satu.
  2. Penomoran gambar dan tabel serta persamaan dalam tulisan sebagai penunjuk dilakukan secara manual. Permasalahan yang muncul yaitu apabila terjadi penyisipan, pengurangan atau pemindahan gambar, tabel maupun persamaan, kita harus memperbaiki nomor gambar dan tabel sebagai penunjuk tersebut satu per satu.
  3. Pembuatan daftar isi dilakukan secara manual. Permasalahan yang muncul yaitu apabila terjadi perubahan halaman pada bab maupun subbab maka nomor halaman dalam daftar isi harus diperbaiki satu persatu.

Dan tentu saja masih banyak lagi hal-hal yang biasanya dilakukan secara manual. Melalui buku karya Hidayat, MT ini kita akan memahami sistematika penulisan tesis/skripsi serta optimalisasi penggunaan Microsoft Word sehingga memudahkan tugas kita.

 

Download e-Book: Menyusun Skripsi & Tesis [ klik di sini]

Tags

Langganan Artikel

Dapatkan update artikel terbaru melalui email Anda!

2 komentar