Mulai 1 Maret 2014 ini data dari aplikasi Dapodik mulai diambil oleh P2TK kemdikbud untuk pertimbangan penerbitan tunjangan bagi guru. Sehingga, para guru dan operator pun berusaha menyelesaikan input Dapodik sebelum tanggal tersebut. Setiap guru diharapkan juga mengecek data masing-masing. Untuk mengecek data info PTK bisa dilihat panduannya [di sini].

Setelah data berhasil disinkronkan maka kita tentu butuh untuk menyimpan dan mencetak data itu. Saat ini ada beberapa cara yang dilakukan para guru untuk menyimpan dan mencetak data info PTK. Mulai dari penggunaan PrintSreen, cetak langsung dengan Ctrl+P, maupun dengan memanfaatkan software tambahan. Tutorial kali ini akan kita bahas pemanfaatan Software SaveAsPDFandXPS.exe untuk menyimpan data ke dalam bentuk file PDF. Software ini sbenarnya adalah Add-in Microsoft Office 2007, sehingga fungsi utamanya adalah mencetak file office (ms Word, Ms Excell, dsb) ke dalam bentuk PDF.

 

Baiklah…tak perlu panjang lebar pengantar saya, berikut cara menyimpan dan mencetak data info PTK menggunakan SaveAsPDFandXPS.exe :

Langkah pertama silahkan instal SaveAsPDFandXPS.exe di komputer/laptop anda. Jika belum memiliki master instalnya dapat download secara langsung di Website Microsoft [klik di sini].
Kemudian, setelah berhasil diinstal silahkan masuk ke website info PTK [klik di sini]

Jika berhasil log in maka akan ditampilkan data info PTK sebagai berikut :

image

Untuk menyimpan data silahkan tekan tombol Ctrl + P pada keyboard anda secara bersamaan, sehingga muncul sebagai berikut :

image

Langkah terakhir klik “Simpan”, maka data akan tersimpan dalam bentuk PDF dan siap dicetak kapan saja. Keuntungan cara ini anda memiliki back up data dalam bentuk PDF.

Demikian tutorial cara menyimpan dan mencetak data info PTK. Semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan jempol/like dan komentar anda sebagai masukan ya.

 

Salam Sang Pengajar


3 comments:

  1. tidak ada pilhan smpan lho ketika di tekan ctrl + p

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sama g kluar pilihan simpan, yang ada cuma print langsung :-(

      Delete
  2. yang dprint juga gak semua, cuma 1 lembar

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top