Inilah 7 Tips Menulis Cerpen bagi Pemula


Siapa yang tak kenal nama SGA atau Agus Noor sebagai sosok sastrawan terkenal Indonesia? Ya, mereka adalah sosok penulis yang telah sukses menelurkan banyak karya termasuk cerpen. Kalau Anda bermimpi bisa menjadi seorang SGA atau Agus Noor, wajib belajar menulis dengan baik. Menjadi penulis itu gampang selama Anda mau rajin membaca dan konsisten menulis. Bagi pemula, tak ada salahnya mengaplikasikan tips menulis cerpen berikut ini.

Inilah 7 Tips Menulis Cerpen bagi Pemula

1.    Mencari sebuah ide atau pokok gagasan
Ide merupakan bagian paling penting dalam sebuah konsep menulis cerpen. Ide pokok tersebut bisa Anda jabarkan menjadi beberapa kejadian atau scene per scene. Kalau Anda kesulitan menemukan sebuah ide cerita yang mampu menyajikan ending atau twist menarik, sebaiknya buat sebuah cerita berdasarkan kehidupan nyata di sekitar terlebih dahulu.

2.    Membentuk karakter penokohan yang baik
Selain idea tau alur cerita yang bagus, Anda juga dituntut bisa membuat karakter tokoh yang kuat. Salah satu kekuatan cerpen adalah penokohan yang memiliki kekuatan tersendiri.

Sebagai pemula yang mungkin kesulitan menulis sudut pandang ketiga seperti dia atau mereka, Anda bisa memakai sudut pandang pertama atau aku. Menggunakan sudut pandang aku bisa membantu Anda mendalami sebuah karakter dalam menulis.

3.    Memahami betul syarat sebuah cerpen yang bagus
Tidak hanya cerpen saja, sebuah karya sastra seperti novel juga membutuhkan pendalaman ilmu menulis dengan baik. Ilmu atau wawasan yang dimaksud berkaitan dengan cara mengeksplorasi tempat atau setting, suspensi atau dramatisasi, logika cerita, dialog hingga pesan moral. Jadi, sebaiknya Anda memang belajar mengenai beberapa unsur penting dalam penulisan sebuah cerpen.

4.    Menggunakan bahasa yang mudah dicerna atau sesuai dengan kehidupan sehari-hari
Menjadi seorang pemula membutuhkan waktu dan tekad menulis dengan baik kalau berniat menciptakan karya yang fenomenal. Anda bisa memilih menggunakan bahasa yang mudah dipahami atau erat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Tidak disarankan menggunakan bahasa asing yang mungkin membuat Anda akan kesulitan menuliskan semua alur yang telah tersusun baik.

5.    Perhatikan typo dan ejaan
Para pemula wajib mempraktikkan tips menulis cerpen dalam sekali ketik agar lebih efisien. Anda bisa mengoreksi typo setelah selesai menulis nanti termasuk membenahi ejaan yang mungkin salah kaprah.

Memahami ejaan bisa menjadi salah satu cara agar Anda bisa menulis dengan baik. Soal gaya bahasa, masing-masing penulis memiliki ciri tersendiri termasuk hendak menggunakan kalimat baku atau tidak baku.

6.    Endapkan karya setidaknya 2-3 hari
Penulis yang selesai membuat sebuah cerpen, sebaiknya melakukan pengendapan karya minimal 2-3 hari. Jangan mencoba untuk langsung mengirimkan karya Anda ke media atau mengikuti lomba.

Bisa jadi masih banyak salah logika, format tulisan atau typo di mana-mana. Mengendapkan karya juga bisa menjadi evaluasi diri sendiri untuk mengetahui titik kelemahan tulisan Anda.

7.    Rajin membaca dan menulis
Ingin menjadi seorang penulis cerpen handal tidak akan terjadi kalau Anda malas membaca. Semakin banyak membaca karya orang lain, Anda akan memiliki tambahan wawasan termasuk rajin sharing dengan penulis lain.
Jangan lupa untuk membuat jadwal konsisten menulis agar Anda bisa menjadi seorang penulis dengan baik. Pertambah kosakata dan catat setiap ide yang masuk agar Anda memiliki sebuah bank ide. Yuk, konsisten menulis setiap hari!

Itulah 7 tips menulis cerpen bagi pemula di atas bisa Anda coba praktikkan agar bisa menghasilkan karya yang bagus. Ikuti pelatihan menulis yang profesional, berpengalaman dan kredibel agar bisa mengasah kemampuan menulis Anda lebih baik lagi!



No comments

Powered by Blogger.