Tips Mudah Bermain Sepatu Roda untuk Pemula

Bingung apa yang akan Kamu lakukan di akhir pekan? Eits, tak usah khawatir. Ada satu aktivitas seru yang dapat melatih kita dalam keseimbangan. Kalau yang ada di pikiran Kamu adalah ice skating, maka Kamu salah.

Tips Mudah Bermain Sepatu Roda untuk Pemula


Aktivitas yang dimaksud adalah rollerskating atau bermain sepatu roda. Kegiatan ini sangat digemari, mulai dari usia anak-anak, hingga dewasa. Karena selain seru, permainan ini juga dapat melatih kesabaran dan keseimbangan. Bahkan untuk beberapa orang, sepatu roda sering juga dipakai sebagai alat transportasi.

Nah, banyak juga yang belum tahu dan bingung bagaimana bermain sepatu roda. Tapi, setelah kamu mencoba sekali, pasti akan ketagihan. Mau tahu bagaimana cara bermain sepatu roda yang mudah? Ayo baca langkah-langkah berikut.

1.    Dasar-dasarnya

Sebelum kamu mulai meluncur, sebaiknya pahami dulu dasar-dasarnya. Misalnya seperti menggunakan peralatannya. Jika tidak memiliki peralatannya, kamu ingin meluncur menggunakan apa? Nah, biasanya saat membeli sepatu roda dilengkapi dengan helm dan bantalan lutut dan siku. Pakailah kedua pelindung tambahan untuk keselamatan.

Setelah mengenakan peralatan, kamu bisa mulai perlahan. Buka kaki kamu selebar bahu dan bungkukkan badan Kamu sedikit, tetapi tetap membuat Kamu nyaman. Setelah itu, mulailah jalan sedikit. Kamu bisa berjalan seperti bebek atau ayam, yaitu satu kaki terlebih dahulu dan disusul dengan kaki selanjutnya. Latihlah kaki kamu dengan langkah bebek itu sampai bisa. Kalau sudah merasa bisa, maka kamu bisa mempelajari cara meluncur.

Bagaimana memberhentikannya? Biasanya di tumit sepatu kanan terdapat rem. Untuk berhenti, meluncurlah dan tempatkan kaki kanan sedikit di depan sepatu kiri. Angkat sedikit kaki kanan dan tekan keras pada jalanan.

2.    Manuver

Setelah kamu bisa bermain sepatu roda, kamu bisa melakukan manuver. Kamu bisa mempelajari gaya mundur dengan membentuk huruf V dan berjalan mundur. Atau Kamu juga bisa melakukan manuver melompat, atau belokan tajam, atau trik heel-toe.

3.    Tingkatkan kemampuan

Seperti kata banyak orang, “practice makes perfect”, dan memang terbukti. Orang yang berlatih terus-menerus pasti akan berhasil. Nah, cara terbaik untuk bisa bermain sepatu roda adalah di arena rollerskate. Arena ini sudah dirancang khusus untuk berlatih sepatu roda. Permukaan jalanannya juga mulus dan halus sehingga memudahkan Kamu saat meluncur.
Jika dirasa sudah lancar, Kamu bisa masuk ke dalam club-club pemain sepatu roda. Kamu bisa belajar banyak dengan club atau grup. Selain menambah teman, Kamu dapat menggali banyak informasi dan pelajaran seputar roller skating.


Olahraga terpopuler yang membutuhkan sepatu roda adalah Roller Derby. Biasanya olahraga ini memiliki liga atau tim di setiap kota. Kalau disekitar Kamu tidak ada liga untuk mengikuti roller derby, apa salahnya jika membuat sendiri? Setelah itu Kamu bisa berkompetisi bersama teman sesama penyuka sepatu roda.

Kamu bisa membeli sepatu roda yang dapat meningkatkan skill. Banyak sekali jenis-jenis sepatu roda yang diproduksi. Ada yang roda 4 ditengah, ada pula sepatu dengan roda di setiap ujungnya. Setiap sepatu memiliki berbagai macam kegunaan. Sepatu roda indoor dirancang untuk didalam ruangan. Sepatu roda outdoor dirancang untuk permainan diluar ruangan. Sepatu ini juga dirancang khusus untuk jalanan yang keras atau aspal. Terakhir adalah sepatu racing  atau sepatu balap. Sepatu ini dirancang khusus untuk meluncur dengan cepat.


Nah, begitulah cara-cara dasar bermain sepatu roda. Jika kamu tertarik ingin mencoba olahraga yang menyenangkan satu ini, kamu harus mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu. Seperti sepatu roda, helm, pelindung siku dan lutut dan lain-lain. Tenang saja, kini semua keperluan terebut telah tersedia di MatahariMall.com tanpa perlu repot Kamu bisa membelinya dari rumah dan barangpun akan sampai langsung ke rumah. Praktis kan?

Yuk latihlah terus diri kamu dalam bermain sepatu roda agar lancar dan tubuhpun akan semakin sehat. 

No comments

Powered by Blogger.