Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) adalah salah satu pariwisata unggulan pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.  Di taman nasional seluas 40.000 hA ini, berdiri dengan megah gunung Rinjani sang gunung tercantik sekaligus yang tertinggi ketiga di Indonesia. Tiap tahun, pesona Rinjani berhasil menarik minat ribuan orang dari dalam dan luar negeri untuk mengunjungi puncaknya.

Sembalun, Secuil Surga di Kaki Gunung Rinjani


Tapi tahukah kamu, kalau di kaki gunung Rinjani terdapat sebuah desa indah yang cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata? Namanya adalah Sembalun, sebuah kecamatan di kabupaten Lombok Timur. Sembalun adalah satu dari tiga jalur resmi pendakian Rinjani. Sembalun juga merupakan jalur yang paling sering digunakan oleh para pendaki Rinjani. Selain karena jalurnya yang tidak terlalu sulit untuk didaki, Sembalun pun selalu menawarkan pemandangan yang indah untuk mengobati rasa lelah yang diderita para pendaki.

Sayangnya, Sembalun lebih sering dijadikan sebagai tempat singgah sementara bagi orang yang hendak mendaki Rinjani. Begitu tiba di Sembalun, mereka beristirahat untuk memulai pendakian Rinjani di pagi hari. Bahkan tidak semua pendaki kembali turun melalui jalur Sembalun. Jadi, sangat jarang wisatawan yang datang ke Rinjani sambil menikmati keindahan Sembalun lebih lama lagi.

Padahal, tidak ada salahnya meluangkan waktu di Sembalun sedikit lebih lama lagi. Di Sembalun, kamu bisa melakukan banyak aktivitas menarik selain mendaki Rinjani. Pertama, kamu bisa berkeliling Sembalun untuk menikmati keramahan warganya, kesejukan udaranya, keindahan pemandangannya, dan mempelajari budaya masyarakat sekitar.

Di Sembalun kamu juga bisa mengunjungi rumah adat Desa Blek. Rumah ini menyimpan sejarah panjang kehidupan di Sebalun. Menurut cerita penduduk setempat, nenek moyang mereka membangun tujuh rumah yang terbuat dari bahan alami sebagai tempat tinggal. Rumah itulah cikal bakal adanya kehidupan bermasyarakat di Sembalun yang bertahan sampai sekarang.

Sembalun pun tidak hanya memiliki Rinjani. Di kecamatan yang dikelilingi pegunungan ini terdapat banyak bukit yang bisa disinggahi untuk menikmati pemandangan Sembalun dari ketinggian. Salah satunya adalah bukit Pegarsingan. Setiap orang yang mendaki Rinjani melalui Sembalun pasti melihat keberadaan bukit ini. Tapi sangat jarang pendaki yang sengaja datang untuk mendakinya.

Meskipun bukit Pegarsingan tidak bisa menawarkan pemandangan yang lebih lengkap dari apa yang bisa diberikan Rinjani, pendakian ke bukit Pegarsingan tetap bisa menjadi kegiatan yang mengasyikan. Tingganya yang hanya mencapai 1.700 mdpl membuat pncaknya terasa lebih mudah untuk dicapai. Dari puncak bukit Pegarsingan, kamu bisa melihat Sembalun secara lebih luas. Di titik ini, matamu akan dibuat takjub dengan indahnya pemandangan sawah yang berwarna-warni. Seluruh sawah tersebut terlhat sangat rapi dan cantik. Kamu juga bisa melihat puncak Rinjani dari kejauhan. Selain itu, kamu pun dapat menikmati indahnya langit berbintang dengan suasana yang tenang dan menentramkan.

Di Sembalun juga ada air terjun bernama Mangku Sakti. Berada di air terjun ini bisa membuat peerasaanmu semaki tenang. Airnya jernih, udaranya sejuk, bersih, dan lokasinya sedikit tersembunyi sehingga tidak banyak orang yang datang mengunjunginya. Mandi di air terjun ini bisa jadi pilihan menarik untuk membersihkan tubuh atau sekedar berfoto. Sebagai catatan, debit air di air terjun Mangku Sakti cukup besar, disana pun terdapat banyak bebatuan dengan berbagai ukuran. Jadi, diperlukan kehati-hatian ekstra saat mengunjunginya.

Kamu pun bisa melakukan argo wisata yang menyenangkan di Sembalun. Wilayah ini adalah salah satu penghasil produk pertanian terbaik di Nusa Tenggara Barat. Ada banyak sayuran-sayuran segar yang dibudidayakan di Sembalun, seperti kentang, tomat, cabai, sampai jamur. Ada juga buah-buah yang dutanam secara subur disana seperti stroberi, apel, sampai jambu. Jika kamu berkunjung saat panen tiba, kamu hanya perlu meminta ijin kepada petani untuk membeli hasil pertanian mereka sambil memetiknya sendiri. Selain bisa mendapat sayuran yang lebih segar, kamu juga bisa mendapat harga yang lebih hemat.

Di Sembalun banyak sekali penginapan yang bisa kamu pilih sebagai tempat istirahat. Beberapa penginapan menawarkan pemandangan Rinjani yag indah di balik jendela. Jadi, saat bangun tidur di pagi hari, kamu bisa langsung melihat betapa memesonanya gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia itu. Harga sewa penginapan di Sembalun pun beragam. Namun, tidak semua memiliki fasilitas mewah.

Jadi, kalau kamu berniat mendaki Rinjani, atau melihat Rinjani lebih dekat, luangkanlah waktu beberapa hari untuk menjelajahi Sembalun. By the way, harga makanan di Sembalun sangat murah loh. Dengan uanga sekitar Rp. 10.000, kamu sudah bisa mencicipi makanan dengan citarasa pedas khas Lombok yang nikmat.


Kalau kamu berencana pergi ke Sembalun, cek harga tiket menuju Bandara Internasional Lombok di Praya. Lalu, sewalah angkutan pribadi yang bisa membawamu ke Sembalun dengan biaya berkisar Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000. Harga tersebut sangat sesuai dengat jarak tempuh dan kondisi mobil yang nyaman. Jika ingin lebih hemat, beli tiket pesawat murah di Reservasi.com. Lalu, gunakan kendaraan umum menuju daerah Jelolok, dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan elf ke Aikmel, lalu gunakan moda transportasi sejenis menuju Sembalun. Sayangnya, tidak semua transportasi umum di Lombok  tersedia sampai malam. Jadi, kamu harus cari penerbangan menuju Lombok sepagi mungkin agar lebih mudah mendapatkan moda transportasi darat menuju Sembalun.

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren? IBX58B98235CDCFA
Top