Pilih Haji atau Umroh Dulu?

Pernahkah terlintas di pikiran anda pertanyaan mengenai mana yang didahulukan antara ibadah haji dan umroh? Sebagai orang yang beriman, tentu kita memiliki keinginan dapat menunaikan ibadah haji maupun umroh. Tentu saja hal ini bukan sebatas impian, mengingat semakin banyaknya layanan yang membantu kita untuk dapat menunaikannya saat ini.
Pilih Haji atau Umroh Dulu?


Pilih Haji atau Umroh Dulu?
Pertanyaan mengenai mana yang didahulukan antara ibadah haji dan umroh tampaknya bukan pertanyaan yang baru saja muncul. Ketika saya memasukkan kata kunci tersebut di search engine, ternyata sudah banyak pertanyaan dan jawaban tentangnya.  
Dalam menentukan ibadah haji atau umroh dulu yang ditunaikan tentu saja kita harus melihatnya dari berbagai perspektif. Jika kita lihat dari perspektif diwajibkannya ibadah, ternyata kedua ibadah tersebut sama-sama diwajibkan bagi yang mampu menunaikannya. Dalil ibadah haji, misalnya, sudah kita ketahui seperti yang termuat di Quran Surat Ali Imran: 97:

“...Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana...” (Q.S Ali Imran: 97)

Jika kita lihat dari urutan yang seharusnya dilakukan, sebatas yang saya ketahui memang tidak ada dasar yang jelas menyebutkan. Rasulullah SAW pun  sepanjang hidupnya melakukan 4 kali umrah dan 1 kali haji. Keempat umrah yang dilakukan Rasulullah SAW itu, 3 diantaranya dilaksanakan sebelum Rasulullah SAW berhaji, sedangkan 1 umrah dilakukan beliau bersamaan dengan ibadah haji.

Jika kita lihat dari perspektif kondisi saat ini maka kita akan memilih ibadah umroh terlebih dahulu. Mengapa demikian? Saat ini untuk menunaikan ibadah haji kita harus menunggu antrian yang sangat lama, mengingat kuota haji yang sangat sedikit dibanding pendaftarnya. Sehingga, memilih umroh terlebih dahulu adalah sebuah solusi. Kita bisa menunaikan ibadah umroh sambil menunggu datangnya panggilan haji. Rasulullah SAW pun melakukan umroh sebelum ibadah haji.

Saat ini tersedia banyak sekali biro umroh yang siap melayani ibadah umroh kita. Panduan umroh untuk para jamaah pun disediakan, sehingga kita tak perlu khawatir dalam menunaikan ibadah umroh ini.


Demikian sekilas informasi mengenai ibadah haji dan umroh. Tentu saja perlu kajian lebih lanjut untuk menjawab pertanyaan “”pilih haji atau umroh dulu?” tersebut. Dengan maraknya biro haji dan umroh saat ini kita tak perlu khawatir dalam menunaikan kewajiban tersebut. Biro haji dan umroh akan memberikan panduan umroh untuk para jamaah dan juga panduan haji. Semoga kita dimudah-Nya menunaikan ibadah haji dan umroh di tanah suci. Aamiin

No comments

Powered by Blogger.