Penyakit Tipes
Siapa yang tak mengenal penyakit tipes? Tentu semua orang mengenal penyakit yang satu ini. Penyakit tipes (tifus) atau dikenal sebagai demam tifoid merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini pada umumnya tersebar melalui makanan maupun minuman yang telah terkontaminasi. Biasanya penyakit ini banyak terjadi di negara berkembang serta dialami oleh anak-anak. Penyakit tipes dapat membahayakan nyawa penderitanya jika tidak ditangani dengan cepat dan baik.

Inilah Gejala Sakit Tipes Yang Harus Anda Ketahui


Apakah Penyakit Tipes Menular?
Penyakit tipes bisa menular dengan cepat. Infeksi demam tifoid dapat terjadi saat seseorang mengonsumsi makanan atau pun minuman yang sudah terkontaminasi sejumlah kecil tinja yang mengandung bakteri. Beberapa kasus yang jarang terjadi, penyakit tipes menular karena terkena urine yang telah terinfeksi bakteri. Penyebab utama berkembangnya penyakit ini diduga berasal dari sanitasi yang buruk serta terbatasnya akses air bersih. Belum sempurnanya sistem kekebalan tubuh pada anak diduga menjadi alasan mengapa penyakit tipes lebih banyak dialami oleh anak-anak.


Gejala Sakit Tipes
Penyakit yang masih menjadi penyakit endemik di negeri kita ini dapat kita amati dari gejala-gejala yang muncul. Gejala sakit tipes umumnya berupa demam yang tinggi, diare, sakit kepala, dan juga sakit perut. Berbagai gejala tersebut umumnya muncul pada 1-3 minggu setelah tubuh penderita terinfeksi bakteri.

Kondisi buruk ini bisa semakin lebih buruk dalam beberapa minggu. Jika penderita tidak segera ditangani secara medis dengan baik, maka bisa terjadi komplikasi seperti pendarahan internal atau pun pecahnya sistem pencernaan (usus). Resiko komplikasi ini bisa juga berkembang dan membahayakan jiwa penderita jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan baik.

Bagaimana Cara Pengobatan Penyakit Tipes?
Penyakit tipes membutuhkan penanganan yang cepat, tepat dan baik. Jika penderita tidak ditangani dengan baik maka diprediksi 1 dari 5 orang akan meninggal karena penyakit tipes. Sedangkan, penderita yang tetap hidup dapat beresiko menderita komplikasi yang disebabkan infeksi.

Biasanya penyakit tipes diobati dengan cara pemberian antibiotik. Penderita perlu dirawat di rumah atau harus di rumah sakit? Keputusan di mana perawatannya sangat  tergantung pada tingkat keparahan penyakit yang dialami. Jika tipes yang diderita didiagnosis masih pada stadium awal, maka dapat dilakukan perawatan di rumah dengan pengobatan antiobiotik selama 1-2 pekan. Akan tetapi jika terlambat terdiagnosis atau penyakit tipes sudah dalam stadium lanjut maka diperlukan perawatan di rumah sakit.


Demikian sekilas mengenai penyakit tipes, gejala sakit tipes, serta cara pengobatannya. Jika dirasa bermanfaat, silahkan share artikel ini agar bermanfaat lebih luas.

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Sitemap | Pingin Punya Blog Keren? IBX58B98235CDCFA
Top