Pakaian saat ini bukan hanya digunakan untuk menutup atau melindungi badan saja, melainkan juga menjadi trend di berbagai kalangan. Tak hanya di kalangan para wanita, kalangan anak-anak hingga kalangan laki-laki pun tak luput dari berkembangnya tren pakaian ini. Perkembangan tren pakaian pun berdampak pada banyaknya pakaian yang dimiliki.

Inilah Cara Merawat Pakaian Agar Selalu Terlihat Baru

Banyaknya pakaian yang tersimpan di lemari kadang membuat kita kebingungan ketika akan menggunakannya. Hal ini bisa disebabkan oleh terlalu banyaknya model pakaian yang tersimpan atau sekadar alasan klasik yaitu memudarnya warna pakaian. Pakaian kesayangan pun kadang harus kita relakan warnanya memudar jika tidak mampu merawatnya dengan benar.

Cara Merawat Pakaian
Perawatan pakaian adalah rutinitas yang membutuhkan cukup energi kita. Jika perawatan tidak kita lakukan dengan benar maka pakaian yang kita pun akan mudah pudar warnanya dan rusak. Sehingga, perlu kita ketahui cara merawat pakaian yang tepat untuk mengantisipasi hal tersebut. Perawatan pakaian dapat dibagi dalam tiga tahap, yaitu: (1) tahap mencuci, (2) tahap menjemur, (3) tahap menyetrika dan menyimpan pakaian. Ketiga tahap ini perlu kita perhatikan untuk memberikan hasil yang optimal.

Perawatan pakaian pada tahap mencuci lebih menekankan pada cara mencuci yang disesuaikan dengan jenis bahan pakaiannya. Artinya, kita harus memilah dan memilih setiap pakaian karena berbeda bahan berbeda pula teknik pencuciannya. Selain dibedakan berdasarkan bahannya, kita juga perlu memisahkan pakaian berdasarkan kekotorannya. Jangan sampai kita mencampur pakaian yang putih atau relatih masih bersih dengan pakaian yang sangat kotor, karena hal ini bisa menyebabkan pakaian tersebut menjadi rusak. Kita juga disarankan untuk tidak merendam pakaian terlalu lama dengan deterjen, karena dapat merusak bahan pakaian yang kita rendam.

Perawatan pakaian pada tahap menjemur menekankan pada teknik menjemur berdasarkan jenis pakaian maupun panasnya terik matahari. Proses menjemur pakaian sebaiknya menggunakan hanger agar bentuk pakaian tetap bagus, kecuali pada jenis kaos. Pemakaian hanger saat menjemur kaos justru dapat membuat kaos mudah melar, khususnya di bagian leher. Selain itu, disarankan untuk menjemur pakaian dalam keadan terbalik serta tidak terlalu lama di bawah panasnya sinar matahari. Dengan demikian warna pakaian tidak cepat pudar dan rusak.

Perawatan pakaian selanjutnya adalah pada tahap menyetrika dan menyimpan. Sebaiknya kita menyetrika pakaian di saat pakaian benar-benar sudah kering agar pakaian tidak bau apek dan tetap wangi. Pastikan suhu setrika juga disesuaikan dengan jenis bahan yang disetrika. Jangan lupa semprotkan pelicin atau pewangi agar pakaian tetap wangi saat disimpan. Terakhir, simpan pakaian di tempat terjamin kebersihannya serta tertutup rapat. Jika perlu tambahkan kamper di dalam lemari untuk mencegah serangga perusak pakaian masuk.


Demikian beberapa cara merawat pakaian. Coba lakukan langkah-langkah perawtaan ini dan buktikan hasilnya. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Sitemap | Pingin Punya Blog Keren? IBX58B98235CDCFA
Top