Membeli rumah dengan cara kredit melalui kredit pemilikan rumah atau KPR memang menjadi piihan utama banyak orang saat ini. Adanya beberapa variasi jangka waktu pembayaran atau tenor semakin membuat banyak masyarakat untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada. Dengan KPR, seorang calon pemilik rumah tidak perlu untuk membeli rumah dengan dana tunai yang tentunya sangat memberatkan. Mengingat saat ini harga rumah dijual di Jakarta dan kota besar lainnya sudah sulit dijangkau.

Meski begitu, diperlukan strategi atau cara agar KPR tidak jadi merugikan Anda. Karena, jika di tengah masa pembayaran KPR Anda tidak dapat membayar tentunya Anda akan kehilangan rumah. jika Anda terlambat membayar angsuran, tentunya Anda akan dikenai denda.

3 Kiat Agar tenang Ber-KPR

Agar hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda ikuti.

Pisahkan Dana
Pisahkan dana pembayaran KPR dan dana lainnya seperti dana pendidikan keperluan sehari-hari, dan lain-lain. Jika perlu, buatlah tabungan yang terpisah. Masukkan pembayaran KPR ke tabungan khusus KPR. Hal ini perlu Anda lakukan agar dana tidak tercampur sehingga uang yang seharusnya untuk pembayaran KPR terpakai untuk keperluan lain.

Tepat Waktu
Untuk menghindari denda, ada baiknya Anda selalu membayar tepat waktu setiap cicilan per bulannya. Jika perlu, manfaatkan fasilitas auto debet di bank penyedia KPR. Fasilitas ini dapat membantu Anda untuk dapat membayar KPR tepat waktu. Yang perlu Anda pastikan adalah nominal pendebetan setiap bulannya tidak lebih dari jumlah yang harus Anda bayarkan. Jika terjadi kelebihan pendebetan, langsung hubungi bank tersebut.

Asuransi
KPR biasanya juga dilengkapi dengan asuransi kematian. Asuransi kematian ini memungkinkan KPR terbayar atau dianggap lunas, jika debitur atau nasabah meninggal dunia. Sayangnya, tidak banyak  orang yang juga mengambil asuransi kecelakaan. Padahal, asuransi kecelakaan juga sama pentingnya dengan asuransi kematian. Hal ini karena, jika debitur atau nasabah mengalami kecelakaan dan mengakibatkan cacar permanen sehingga tidak bisa bekerja lagi, ada dana untuk mengcover angsuran cicilan KPR yang harus dibayarkan setiap bulan hingga lunas.

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top