Senang sekali rasanya bila bisa mendapatkan mobil yang dibutuhkan di Mobil123.com. Karena portal mobil nomor 1 di Indonesia ini menyediakan varian mobil baru dan bekas yang beragam. Memilih mobil kesayangan yang tepat pun tidak sulit jika dilakukan secara teliti. Biasanya mobil baru dianggap lebih unggul daripada mobil bekas. Maklum saja, komponen mesinnya memang masih baru dan belum pernah digunakan.

Tetapi bukan berarti penggunaan mobil baru bisa dilakukan secara sembarangan. Para pengemudi wanita pun harus paham bahwa mengenai cara penggunaan mobil baru. Ketika mobil baru sudah tiba di rumah, lakukan beberapa hal ini saat mengendarainya untuk pertama kali.


Jangan Langsung Mengemudikan dengan Kecepatan Tinggi
Mobil baru memiliki komponen mesin yang belum aktif bekerja dan belum terlapisi sempurna oleh mesin. Memacu mobil dalam kecepatan tinggi hanya akan merusak komponen mesin. Solusinya, kemudikan mobil dengan kecepatan rendah untuk beberapa saat agar kondisi mesin mobil bisa beradaptasi dengan baik.

Variasikan Kecepatan Saat Mengemudikan Mobil
Bila sudah terbiasa dengan kecepatan rendah, kaum wanita bisa mengemudikan mobil dengan kecepatan yang lebih variatif. Asalkan perpindahan persneling dan injakan gas dilakukan secara perlahan-lahan, maka komponen mesin mobil tidak akan mengalami gesekan berlebihan. Hasilnya, mesin pun akan terlapisi dengan oli secara sempurna dan performa mobil akan meningkat.

Usahakan untuk Tidak Melakukan Pengereman Mendadak
Pengereman mendadak membuat gesekan antara komponen mesin mobil semakin besar. Hal ini dapat mengakibatkan komponen tabung silinder mobil bergesekan secara keras dengan piston. Jika hal ini terjadi terus menerus, kemungkinan besar sistem rem mobil akan lekas rusak dan membutuhkan penanganan serius.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Mobil?
Ketika mobil sudah menempuh jarak 1.000 km-nya yang pertama, segera lakukan penggantian oli secara keseluruhan. Oli yang harus diganti meliputi bagian oli mesin, oli persneling, dan oli gigi diferensial. Dengan melakukan penggantian oli secara teratur, maka performa mobil senantiasa stabil dan mesin pun tak mudah rusak.

Gunakan Mobil Sesuai Kapasitasnya
Mengemudikan mobil baru dengan muatan yang beratnya berlebihan sangat tidak disarankan. Karena hal ini bisa membebani kinerja mesin yang sedang beradaptasi dengan komponen lain. Akibatnya, mesin mobil yang bekerja lebih keras akan memiliki masa pakai yang lebih rendah. Agar mobil terawat dan tahan lama, pastikan bahwa kapasitas penumpang dan barang bawaan tidak terlalu berlebihan.

Sebagai pengemudi mobil, kaum wanita tentu bisa mempraktikkan 5 hal sederhana ini ketika mengendarai mobil baru. Mengemudikan mobil dengan cermat akan membuat komponen mesin mobil tetap awet dan masa pakainya berlangsung lebih lama.


Sumber:
asapmobil.com/tips-cara-inreyen-mobil-baru-yang-benar/
otomotif.tempo.co/read/news/2011/02/21/123314844/empat-cara-tepat-mengendarai-mobil-baru
otosia.com/tips/tips-menjalankan-mobil-baru.html
sinarharapan.co/otomotif/read/1777/perlakukan-mobil-baru-dengan-benar
Waktu akses: 20 April 2016

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top