Berdasarkan Buku 4 Pedoman PKB dan Angka Kreditnya, Publikasi ilmiah bukan hanya terbatas pada PTK. Publikasi Ilmiah terdiri dari tiga kelompok kegiatan, yakni: (1) presentasi pada forum ilmiah; (2) publikasi  hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal; dan (3) publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau pedoman guru. Presentasi pada forum ilmiah telah dibahas pada posting sebelumnya, berikut ini uraian untuk kegiatan selanjutnya.

2.  Publikasi  Hasil Penelitian atau Gagasan Inovatif pada Bidang Pendidikan Formal
Karya tulis ilmiah guru dapat dipublikasikan dalam bentuk laporan hasil penelitian  (misalnya
laporan Penelitian Tindakan Kelas) atau berupa tinjauan/gagasan ilmiah yang ditulis berdasar pada pengalaman dan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi guru.
Publikasi karya tulis ilmiah guru di atas, terdiri dari empat kelompok, yakni:
a. Laporan hasil penelitian.
b. Tinjauan ilmiah.
c. Tulisan ilmiah popular.
d. Artikel ilmiah.

Uraian  dari masing-masing kegiatan di atas, adalah sebagai berikut.
a. Laporan Hasil Penelitian
Laporan hasil penelitian adalah karya tulis ilmiah berisi laporan hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan yang telah  dilaksanakan guru di sekolah/madrasahnya dan sesuai dengan  tupoksinya, antara lain dapat berupa laporan Penelitian Tindakan Kelas.
Laporan  hasil  penelitian  tersebut,  dibedakan berdasarkan pada jenis publikasinya sebagai berikut.
1) Laporan hasil penelitian yang diterbitkan/dipublikasikan dalam bentuk buku ber-ISBN  dan telah mendapat pengakuan BSNP.
2) Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan/ dipublikasikan dalam majalah ilmiah/jurnal ilmiah diedarkan secara nasional dan terakreditasi.
3) Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan/  dipublikasikan  dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat provinsi.
4) Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan/  dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat kabupaten/kota.
5)  Laporan hasil penelitian yang diseminarkan di sekolah/madrasahnya dan disimpan di perpustakaan.
Besar angka kredit untuk karya tulis  hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolah/madrasahnya, dapat dipublikasikan    dalam  berbagai bentuk, dengan perolehan angka kredit sebagai berikut.


b. Makalah Berupa Tinjauan Ilmiah di Bidang Pendidikan Formal dan Pembelajaran
Makalah tinjauan ilmiah adalah karya tulis guru  yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang  ada  di satuan pendidikannya (di sekolah/madrasahnya). Besaran angka kredit  makalah tinjauan ilmiah di bidang pendidikan formal  dan pembelajaran adalah 2.
c. Tulisan Ilmiah Populer
Karya ilmiah populer adalah tulisan yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, atau sejenisnya). Karya ilmiah populer dalam kaitan dengan upaya pengembangan profesi ini merupakan kelompok tulisan yang lebih banyak mengandung isi pengetahuan, berupa ide,  atau  gagasan pengalaman penulis yang menyangkut bidang pendidikan pada satuan pendidikan penulis bersangkutan.
Bukti fisik berupa guntingan (kliping) tulisan dari media massa yang memuat karya ilmiah penulis, dengan pengesahan dari kepala sekolah/madrasah. Pada guntingan media massa tersebut  harus jelas nama media massa serta tanggal terbitnya.
Bila berupa fotokopi harus ada surat pernyataan dari kepala  sekolah/madrasah  yang menyatakan keaslian karya ilmiah populer yang dimuat di media massa tersebut.
Besaran angka kredit tulisan ilmiah populer sebagai berikut.

d. Artikel Ilmiah dalam Bidang Pendidikan
Artikel ilmiah  dalam bidang pendidikan adalah tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran di satuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah.
Bukti fisik yang diperlukan untuk penilaian angka kredit adalah sebagai berikut.
Jurnal ilmiah asli atau fotokopi yang menunjukkan adanya nomor ISSN, surat keterangan akreditasi untuk tingkat nasional, (atau surat keterangan bahwa jurnal tersebut adalah tingkat nasional tetapi tidak terakreditasi), surat  keterangan bila jurnal tersebut diterbitkan di tingkat provinsi atau kabupaten/kota, atau tingkat lokal (kabupaten/ kota/sekolah/madrasah).
Bila satu artikel ilmiah yang sama dimuat di beberapa majalah/jurnal  ilmiah, maka yang dapat dinilai hanya satu dan dipilih artikel yang berpeluang angka kreditnya terbesar.
Semua bukti fisik di  atas memerlukan surat pernyataan keaslian dari kepala sekolah/madrasah yang disertai tanda tangan kepala sekolah/ madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan. Besaran angka kredit  artikel ilmiah dalam bidang pendidikan berkisar antara 1-2.

Bersambung



0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top