News Breaking
Live
wb_sunny

Terbaru

Construct 2 : Solusi Mudah Membuat Aplikasi Android

Construct 2 : Solusi Mudah Membuat Aplikasi Android

Perkembangan tekmologi yang semakin pesat memberi berbagai solusi bagi para developer atau para penggunanya. Bagi para developer mobile application (aplikasi berbasis handphone) tentu telah mengetahui berbagai software untuk mengembangkan aplikasi. Adobe Flash CS 6 merupakan aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat aplikasi android. Untuk dapat membuat aplikasi dengan Adoeb Flash CS 6 maka kita dituntut untuk memahami bahasa pemrograman yang dikenal dengan Action Script 3 selain harus mahir dalam dasar-dasar flash itu sendiri, seperti membuat animasi dan sebagainya. Kini hadir sebuah software yang lebih mudah untuk kita gunakan membuat mobile application, yaitu Construct 2. Apa itu Construct 2 ?


Construct 2 adalah software pembuat game atau aplikasi berbasis HTML5 yang dikhususkan untuk platform 2D. Software ini dikembangkan oleh Scirra. Berbeda dengan Adobe Flash CS 6, Construct 2 tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. Sehingga, untuk mengembangkan game atau aplikasi dengan Construct 2 kita tidak perlu mengerti menguasai bahasa pemrograman yang sulit.
Construct 2 memiliki keunggulan antara lain Powerfull Event System.  Dengan Construct 2 kita dapat membuat game atau aplikasi, termasuk media pembelajaran berbasis mobile, dengan lebih mudah. Hal ini dikarenakan kita tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman yang rumit sebagaimana sofware lainnya. Construct 2 menyediakan EventSheet yang berisi pernyataan kondisi atau pemicu. Jika kondisi tersebut terpenuhi, tindakan atau fungsi dapat dilakukan.
Keungulan lainnya yaitu Quick and Easy. Construct 2 memiliki antarmuka Ribbon yang cepat dan mudah dipahami. Layout editor menyediakan antarmuka what you see is what you get untuk mempercepat perancangan game. Sehingga apapun yang di lihat dalam desain layout adalah tampilan yang didapatkan ketika game dijalankan. Dengan demikian kita dapat menggunakan Construct 2 untuk membuat game dan aplikasi dengan lebih mudah.
Selain keunggulan tersebut, keunggulan Construct 2 yaitu Multiple Export. Construct 2 dapat mempublikasikan game atau aplikasi dengan berbagai pilihan platform hanya dengan satu project. Game Construct 2 dapat diterbitkan pada platform berbasis web seperti Chrome Web Store, Facebook, Kongregate, Newgrounds, Firefox Marketplace. Construct 2 juga dapat di ekspor ke desktop PC, Mac, dan Linux dengan menggunakan Node Webkit. Selain mempublikasikan ke Windows 8 Store atau sebagai aplikasi Windows Phone 8. Pengguna dapat pula mengekspor game ke iOS dan Android dengan menggunakan CocoonJS, appMobi dan PhoneGap. Dengan dukungan platform yang luas pengguna dapat memiliki akses yang luas untuk pemain.
Semoga saya dapat menuliskan tutorial penggunaan sofware ini secara berkelanjutan ke depannya.  Software ini dapat anda peroleh secara gratis di web Scirra. Untuk download software Construct 2 silahkan KLIK DI SINI. Semoga bermanfaat!

Tags

Langganan Artikel

Dapatkan update artikel terbaru melalui email Anda!

1 komentar:

  1. Apah construct2 bisa membuat aplikasi biodata diri bang

    ReplyDelete