Alat penangkal petir adalah sebuah logam  yang berujung lancip dan biasanya dipasang di atas sebuah rumah atau gedung. Alat ni dihubungkan dengan kawat tembaga menuju tanah pada dasar bangunan. Alat penangkal petir dipasang dengan fungsi utama untuk mencegah kerusakan bangunan dari sambaran petir. Sebenarnya, bagaimana prinsip kerja alat penangkal petir? Untuk memahami prinsip kerja penangkal petir maka kita harus memahami proses terjadinya petir terlebih dahulu.
Proses terjadinya petir
Petir merupakan gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan, yaitu di saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Petir disebut juga kilat atau halilintar. Beberapa saat setelah terjadi petir maka akan disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh. Petir dan guruh sebenarnya terjadi secara bersamaan, tetapi terjadi perbedaan waktu kemunculan keduanya dikarenakan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.
Petir dapat terjadi antara awan dengan bumi maupun antara awan dengan awan yang lainnya. Terjadinya petir dapat kita analogikan dengan sebuah kondensator raksasa, dimana lempeng pertama adalah awan dan lempeng kedua adalah bumi atau awan yang lainnya. Petir terjadi karena adanya perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya.
Bagaimana awan dapat bermuatan listrik? Awan dapat menjadi bermuatan listrik karena awan karena bergerak secara terus menerus dan selama pergerakannya ini awan akan berinteraksi dengan awan lainnya. Sehingga, muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi perpindahan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses perpindahan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Guruh terjadi pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara.

Pri nsip Kerja Penangkal Petir
Seperti yang telah diuraikan di atas, alat penangkal petir berfungsi untuk mencegah kerusakan bangunan dari sambaran petir.  Muatan listrik pada  petir akan berusaha mencari jalan yang terpendek untuk mengalir dari awan ke tanah atau sebaliknya.  Jalan terpendek yang mungkin dicapai oleh muatan listrik adalah bangunan yang tinggi, seperti rumah, gedung, pohon, atau bahkan manusia yang sedang berada di tengah lapangan. Prinsip kerja penangkal petir adalah menyediakan jalan bagi muatan listrik di awan agar dapat berpindah menuju tanah melalui kawat, dan bukannya melalui bangunan. Dengan demikian bahaya yang diakibatkan oleh petir dapat ditanggulangi dan tidak membahayakan bangunan yang ada.

Saat ini alat penangkal petir dapat kita peroleh dengan mudah. Banyak sekali toko elektronik yang menyediakannya. Kita dapat membeli alat penangkal petir secara online jika memang kesulitan mendapatkannya karena keterbatasan jarak dan waktu kita. Demikian konsep dan teknologi pada alat penangkal petir. Semoga bermanfaat !

2 comments:

  1. Bagaimana kita mengetahui kalau penangkal yang petir rusak pak ?

    ReplyDelete
  2. Dengan memastikan kawat masih berfungsi sebagai konduktor yang baik, mas Husein.

    Terima kasih atas kunjungannya

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top