PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbl atau yang kita kenal dengan BNI merupakan bank pertama milik negara ini yang lahir setelah kemerdekaan. Mungkin tidak banyak yang tahu jika pada awal berdirinya, BNI telah berfungsi sebagai bank sentral dan bank umum di negara ini. Fungsi yang saat ini dipegang oleh Bank Indonesia. Pada tahun 1946, BNI memiliki  kewenangan dalam mencetak dan mengedarkan uang yang pada saat itu dikenal sebagai Oeang Republik Indonesia atau ORI. BNI akhirnya beroperasi sebagai bank komersial sejak tahun 1955. Bank yang selanjutnya kita kenal dengan nama Bank Negara Indonesia 1946 ini memiliki tugas memperbaiki ekonomi rakyat dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi nasional, sesuai dengan amanat UU No 17 Tahun 1968.

Visi dan Misi BNI
Dalam mengemban tugas tersebut BNI memiliki visi “menjadi bank yang unggul, terkemuka, dan terdepan dalam layanan dan kinerja”. Melalui visi ini BNI senantiasa berupaya menjadi bank yang unggul di tengah maraknya dunia perbankan. Bukan hanya unggul, BNI juga berupaya menjadi bank pilihan utama dengan senantiasa memberikan kualitas layanan terbaik kepada para nasabahnya. Dengan demikian BNI selalu berusaha menjadi yang terdepan dalam memberikan layanan serta dalam hal kinerja.
Dalam mencapai visi tersebut, BNI memiliki 5 (lima) misi yaitu : (1) memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pilihan utama; (2) meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi inverstor; (3) menciptakan kondisi terbaik bagi karyawan sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi; (4) meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan komunitas; serta (5) menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.
Budaya Perusahaan
Dalam mencapai visi dan misi tersebut, BNI menerapkan sejumlah tuntutan perilaku kinerja setiap karyawannya. Sejumlah tuntutan perilaku tersebut dikenal sebagai budaya perusahaan yang meliputi 4 (empat) nilai budaya kerja dan 6 (enam) nilai perilaku utama insan BNI. Empat nilai budaya kerja meliputi : profesionalisme, integritas, orientasi pelanggan, dan perbaikan tiada henti. Sedangkan, enam nilai perilaku utama insan BNI meliputi : (1) meningkatkan kompetensi dan memberikan hasil terbaik; (2) jujur, tulus, dan ikhlas; (3) disiplin, konsisten, dan bertanggung jawab; (4) memberikan layanan terbaik melalui kemitraan yang sinergis, (5) senantiasa melakukan penyempurnaan; dan (6) kreatif dan inovatif.
Inilah Prestasi BNI
Sebagai bank negara yang pertama lahir setelah kemerdekaan, BNI telah memiliki banyak prestasi, baik di tingkat nasional maupun global. Beberapa prestasi terbaru BNI di tataran global adalah BNI meraih 2 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014. Medali emas yang diraih adalah untuk kategori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support-HR, medali perak diraih untuk kategori Best Customer Service in Mid-Size, sedangkan medali perunggu diraih untuk kategori Best Help Desk. Selain itu, sebelumnya BNI meraih The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management  Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service  dari Majalah Asia Money di Hong Kong pada tanggal 25 September 2014 dan juga The Best Trade Finance Bank in Indonesia & The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014 di Kuala Lumpur pada tanggal 21 Mei 2014.
Di tataran nasional, BNI mendapatkan penghargaan The Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS) di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 2014. BNI juga masuk dalam peringkat atas Annual Report Award (ARA) 2014 sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan untuk kategori Dana Pensiun di Jakarta pada tanggal 16 Oktober 2014. BNI juga menjadi bank pertama yang mendapatkan Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Jakarta pada tanggal 5 Mei 2014. Selain itu, banyak sekali prestasi yang telah diraih oleh BNI.
Di usianya yang ke 69, BNI bertekad untuk selalu berprestasi dan berbagi untuk negeri. Tekad in diwujudkan dengan berbagai program, di antaranya adalah program Corporate Social Responsibility dalam bentuk program bina lingkungan, program kemitraan, BNI Go Green, kerjasama lembaga, maupun achievement. Semoga di usia yang ke-69 ini BNI semakin menjadi bank yang unggul, terkemuka, dan terdepan dalam memberikan layanan maupun dalam kinerjanya. Selamat dan Sukses untuk BNI di usianya ke-69!









4 comments:

  1. Banyak prestasi BNI ya, pak. Sukses untuk lombanya. :)

    ReplyDelete
  2. Benar, mas....Prestasi BNI sudah banyak sekali...tataran nasional dan global....

    Terima kasih kunjungannya

    ReplyDelete
  3. dulu sih saya pernah bikin akun BNI, tapi karena bank BNI belum sampai ke pelosok untuk kantor cabangnya saya memutuskan untuk berenti jadi nasabahnya mas, kalau ke bank BNI mesti ke kota.

    ReplyDelete
  4. Di tempat saya sudah sampai tingkat kecamatan, mas. Ya...semoga menjadi masukan yang membangun bagi BNI....

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top