image

Tutorial kali ini saya khususkan untuk teman-teman  mahasiswa S2 Pendidikan Sains (PSN) Kelas P2TK UNY 2014 yang sedang bersama-sama mempersiapkan diri menghadapi Ujian Sisipan Statistika. Salah satu persiapan selain mempelajari materi yang berkaitan dengan ANOVA satu faktor, ANOVA dua faktor, dan ANCOVA dengan satu kovariat maka dipersiapkan sebuah template statistika atau program analisis data berbasis Excel yang dibangun bersama-sama .

Beberapa hal sebagai panduan pengembangan program ini adalah :

  1. Pembagian tugas beserta jenis uji statistik yang harus dikembangkan dapat dilihat di menu “PANDUAN
  2. Pengembangan program mengacu ke buku Experimental Design (Kirk), baik sistematika uji statistikanya maupun contoh kasus untuk menguji program yang sedang dikembangkan.
  3. Untuk menguji program yang dikembangkan masukkan data dari contoh soal ataupun latihan soal buku tersebut. Lakukan juga uji statistik dengan SPSS, sehingga akan diperoleh proses dan nilai F yang sama. Saat mengumpulkan, biarkan masing-masing program berisi data yang diolah (tidak kosongan).
  4. Pembuatan program mengacu ke contoh 1 untuk ANOVA satu faktor, dan contoh 2 untuk ANOVA dua faktor.
  5. Program di buat DALAM FILE YANG SAMA, tetapi buatlah di SHEET YANG BERBEDA (insert sheet baru).
  6. Jika diperlukan pembuatan tabel bantu maka buatlah di bawah tabel data input. Untuk fungsi jumlah dari kuadrat masing-masing data gunakan formula “=SUMSQ(…)”, sehingga tidak perlu membuat tabel bantu.
  7. Sesuai kesepakatan sebelumnya, program diserahkan ke Ketua Kelas (DS) paling lambat hari Minggu, 12 April 2015 jam 13.00 WIB untuk selanjutnya dilakukan pengecekan oleh Reviewer (AA). Jika program sudah lolos review maka semua karya akan dikompilasi menjadi satu oleh tim kompilasi (AD) dan dibagikan saat belajar bersama hari Senin, 13 April 2015 jam 10.00 WIB (tempat menyusul).
  8. Segala sesuatu yang dirasa belum jelas dapat ditanyakan ke tim reviewer atau kompilasi.
  9. Program analisis data ini bukan sekadar untuk persiapan ujian, melainkan sebagai program yang dapat kita pakai setiap saat kelak ketika kita membutuhkan.

Demikian panduan pembuatan program analisis data PSN P2TK UNY 2014. Semoga bermanfaat !


0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top