Jika pada tutorial sebelumnya telah kita pelajari cara melakukan acak data dengan Excel, di mana fungsi random kita gunakan untuk membuat pengelompokan data secara random, maka kita lanjutkan tutorial kali ini dengan mempelajari cara membuat data acak dengan Excel. Manfaat dari tutorial kali ini adalah kita dapat membuat data, misalnya nilai, secara acak (random) dengan batas bawah dan batas atas nilai yang kita inginkan. Berbeda dengan fungsi =RAND yang sebelumnya kita pelajari yang menghasilkan angka acak antara 0 dan 1.

Fungsi yang kita gunakan untuk membuat data acak dengan Excel adalah =RANDBETWEEN(bottom;top) . Bottom menunjukkan batas bawah nilai yang kita inginkan, sedangkan top menunjukkan batas atas nilainya.  Sebagai contoh, kita akan membuat 40 data acak antara 65 sampai 95 yang kita kelompokkan dalam 4 kelas yang berbeda, yaitu kelas A, kelas B, kelas C, dan kelas D. Maka cara membuat data acaknya adalah sebagai berikut:

image

Ketikkan fungsi =RANDBETWEEN(65;95), dalam contoh ini di cell B2 sebagai cell paling atas dan paling kiri. Kemudian copy fungsi itu ke semua cell di kolom kelas A, B, C, dan D :

image

Dengan cara ini, maka anda telah berhasil membuat data acak dengan Excel antara 65 sampai 95 sebanyak 40 data. Demikian tutorial mengenai cara membuat data acak dengan Excel. Semoga bermanfaat !


0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top