image Kemampuan berbicara, diakui atau tidak, menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan di hampir setiap tempat. Dalam kehidupan rumah tangga, misalnya, hal ini akan sangat menentukan kualitas komunikasi antara suami dan istri atau dengan anak-anak. Begitu juga di tempat kerja atau pun di sekolah/kampus. Kemampuan berbicara sangat kita butuhkan ketika kerja, karena tidak mungkin kita lepas dari komunikasi. Kemampuan berbicara di dunia kerja akan menjadi salah satu faktor yang menentukan “posisi” kita atau karier kita.  Begitu juga ketika di sekolah atau pun kampus, kemampuan berbicara serta menyampaikan pendapat akan cukup berpengaruh terhadap “nilai jual” kita. Karena, di tempat inilah kita akan dinilai kekayaan ide, kemampuan menyampaikan ide, kemampuan mempengaruhi, kemampuan mempertahankan pendapat, dan sebagainya.

Salah satu cara untuk mengasah atau melatih kemampuan berbicara adalah dengan menulis melalaui blog. Kegiatan nge-Blog akan melatih kemampuan kita dalam menyampaikan ide serta mengemukakan pendapat. Bagaimana tidak, seseorang yang menulis di blog tentu saja dituntut untuk “merangkai kata” dalam mengkomunikasikan idenya. Tentu saja rangkaian kata tersebut dituntut harus berkualitas karena akan dibaca oleh publik. Ukuran kualitas tersebut setidaknya adalah bagaimana yang disampaikan bisa dipahami oleh publik dengan mudah.

Mengacu kepada ungkapan “orang yang tidak punya tak bisa memberi”, maka seorang bloger dituntut untuk selalu menambah wawasannya. Karena hanya dengan upgrade kognitif seperti itulah maka akan selalu ada yang dibagi / dishare oleh para bloger. Dari sini maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa melalui kegiatan menulis di blog maka dapat meningkatkan wawasan maupun kemapuan menulis serta kemampuan berbicara kita. Mengapa tidak dimulai dari sekarang ?


0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top