Ketika kita bekerja di depan layar komputer/laptop terkadang kita dituntut untuk mengambil gambar yang ditampilkan oleh layar monitor. Misalnya saja seorang guru yang sedang membuat soal membutuhkan gambar yang ada di sebuah e-book. Atau seorang yang sedang bekerja di depan komputer dan ingin menunjukkan apa yang sedang dikerjakan, maka keterampilan mengambil gambar pada layar komputer sangat dibutuhkan. Pada kesempatan ini saya sampaikan tutorial mengenai cara mengambil gambar (capture) dari layar komputer.

Untuk mengcapture gambar bisa digunakan banyak cara. Cara yang lazim dipakai adalah dengan menekan tombol print sreen (Prt Sc) kemudian meletakkannya (paste) di program paint lalu memotong sesuai kebutuhan dan menyimpannya. Selain denga cara tersebut sebenarnya ada cara yang lebih mudah, yaitu menggunakan software tambahan untuk mengcapture. Software capture gambar yang sering dipakai antara lain Snagit dan Snipping Tool. Tutorial kali ini akan membahas mengenai cara mengambil gambar (capture) dari layar komputer dengan Snipping Tool.

Snipping tool ini terintegrasi di dalam windows, letaknya ada di accessories bersama program paint. Untuk memunculkan Snipping Tool silakhan klik Start > All Programs > Accessories > Snipping Tool. Maka akan tampil menu snipping tool sebagai berikut :

image

Untuk melakukan pengambilan dan pemotongan gambar langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Klik New pada menu Snipping Tool
  2. Drag cursor pada area gambar yang ingin dicapture kemudian lepaskan
  3. Simpan gambar yang telah dicapture dengan nama dan lokasi penyimpanan yang anda inginkan
  4. Gambar hasil capture siap digunakan

Demikian tutorial mengenai cara mengambil gambar (capture) dari layar komputer dengan Snipping Tool. Semoga bermanfaat !


0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top