image

Dalam rangka memberikan panduan dalam melakukan penilaian, Direktorat Pembinaan SMP telah menerbitkan Petunjuk Teknis Penilaian dan Pengisian Rapor untuk Implementasi Kurikulum 2013 bagi guru SMP.

Petunjuk teknis ini disusun sebagai salah satu upaya Direktorat Pembinaan SMP membantu guru melakukan penilaian pencapaian kompetensi peserta didik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan berbagai teknik. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian menyatakan bahwa kompetensi sikap dinilai dengan teknik observasi, jurnal, penilaian antar peserta didik, dan penilaian diri; penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis, tes lisan, dan penugasan; dan penilaian keterampilan dilakukan dengan praktik/kinerja, projek, dan portofolio.
Walau pun teknik-teknik penilaian tersebut telah lama dikenal di Indonesia, banyak di antara guru SMP yang belum dapat melaksanakannya dengan baik. Petunjuk teknis ini disusun dengan maksud menyajikan informasi praktis mengenai teknik-teknik penilaian tersebut, bentuk-bentuk instrumen,  contoh-contoh butir soal beserta rubrik penilaian dan langkah-langkah pengolahan nilai.
Selain itu, dalam petunjuk teknis ini juga diuraikan cara mengisi rapor untuk Kurikulum 2013. Contoh-contoh rumus penghitungan nilai akhir dan prinsip-prinsip penulisan deskripsi pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan juga diberikan.

 

Download Petunjuk Teknis Penilaian Kurikulum 2013 : [ Klik di sini ]


0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top