Profesionalitas guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kode etik profesi. Pengembangan keprofesian berkelanjutan dilaksanakan dan diperuntukkan bagi semua guru baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembinaan profesi tersebut diperlukan pemetaan kompetensi yang secara detail menggambarkan kondisi objektif kompetensi, materi serta strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh guru. Peta tersebut hanya dapat diperoleh melalui uji kompetensi guru. Dengan demikian, Uji Kompetensi Guru (UKG) dilakukan untuk pemetaan kompetensi, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan(PKB) dan sebagai entry point Penilaian Kinerja Guru (PKG). Artinya UKG bukan merupakan resertifikasi, atau uji kompetensi ulang dan juga bukan UKG yang ditujukan untuk memutus tunjangan profesi.
Untuk membantu anda dalam mempersiapkan UKG Online kali ini kita bahas mengenai Soal UKG Online. Sebagai persiapan anda bisa mempelajari hal-hal berikut ini :
  1. Berlatih Soal dengan antarmuka yang mirip dengan TOT Tim Teknis UKG Online. silahkan anda coba soal-soal tersebut di sini. Meskipun mata pelajaran yang anda ampu belum ada disana, cobalah untuk mengerjakan soal-soal yang ada karena tujuan anda menggunakan simulasi soal tersebut untuk melatih anda membiasakan dan memahami alur kerja program UKG Online tersebut.
  2. Anda juga dapat berlatih dalam membiasakan diri mengerjakan soal-soal berbasis web dengan menggunakan antarmuka soal yang bersifat umum seperti soal-soal ini.
  3. Mari memperluas wawasan kita akan komputer dan dunia IT. mari berlatih menggunakan email dan facebook untuk membangun komunikasi dan sharing informasi. Sudah saatnya kita menggunakan email dan facebook untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat.
  4. Langkah yang tentu tidak kalah penting dan justru itu yang harus kita kembangkan sebagai guru yang profesional, yaitu nilai-nilai pedagogik dan profesionalitas kita.
Terakhir, untuk memahami mengenai Uji Kompetensi Guru(UKG) ini silahkan download dokumen berikut :
  1. Pedoman UKG [klik di sini]
  2. Kisi-kisi UKG Lengkap  [klik di sini]

4 comments:

  1. sumbernya bukannya ukg.kemdikbud.go.id bukan ukgonline.com??

    ReplyDelete
  2. ukgonline.com suspended, The website you were trying to reach is temporarily unavailable.

    ReplyDelete
  3. siip thanks gan....

    ReplyDelete
  4. Terima kasih kunjungan dan masukannya..siahkan share agar lebih bermanfaat

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top