Pengetahuan itu bukanlah salinan dari obyek dan juga bukan berbentuk kesadaran apriori yang sudah ditetapkan di dalam diri subyek, ia bentukan perseptual, oleh pertukaran antara organisme dan lingkungan dari sudut tinjauan biologi dan antara fikiran dan obyeknya menurut tinjauan kognitif.
Piaget, dalam Bringuier, 1980, hlm. 110.

Dunia anak adalah dunia bermain. Masa di mana anak memiliki kecenderungan senang bermain. Tetapi, kita juga mengetahui bahwa masa kanak-kanak adalah masa perkembangan kecerdasan, di mana anak bisa menyerap pembelajaran yang kita berikan secara optimal.
Jean Piaget (1896-1980), pakar psikologi dari Swiss, mengatakan bahwa anak dapat membangun secara aktif dunia kognitif mereka sendiri. Dalam pandangan Piaget, terdapat dua proses yang mendasari perkembangan dunia individu, yaitu pengorganisasian dan penyesuaian (adaptasi).

Di sini jelas sekali bahwa kemampuan kita mengorganisasikan anak dalam belajarnya sangatlah berperan, selain kemampuan anak beradaptasi dengan pembelajaran yang kita lakukan. Sehingga, kemampuan kita dalam metode maupun media pembelajaran sangat dibutuhkan.
Salah satu aplikasi yang bisa kita maksimakan untuk media pembelajaran adalah Microsoft Office Powerpoint yang telah dilengkapi dengan aplikasi pemrograma visual basic (VBA). Kali ini kita akan membuat aplikasi yang sederhana, yaitu aplikasi pengenalan angka untuk anak, sebagai berikut :



Cara kerja aplikasi ini adalah anak diminta klik tombol “GANTI ANGKA” sambil kita dampingi belajarnya, kemudian anak kita minta menyebutkan angka berapakah yang muncul. Agar lebih menyenangkan maka kita beri pujian pada anak jika mereka benar dalam menyebutkan angka, dan memberi arahan jika anak belum benar menyebutkan angkanya.

Untuk membuat aplikasi ini sangatlah mudah. Pertama, silahkan buka Microsoft Office Powerpoint. Kemudian buatlah satu shape oval dengan cara klik Insert > Shapes > Oval. Beri nama shapes ini dengan cara klik shapes oval > Format > Selection Pane > ubah menjadi Oval_txt. Lalu tambahkan satu buah command button dari menu Developer dengan cara klik Developer > Command Button (ActiveX Control) > Drag and Drop sesuai keinginan di slide. Kemudian, ubah propeties Command Button dengan klik kanan pada Command Button. Beri label tombol tersebut dengan mengubah caption menjadi “GANTI ANGKA”.

Langkah selanjutnya klik 2x pada Command Button GANTI ANGKA tersebut, ketikkan kode VBA sebagai berikut :

Private Sub CommandButton1_Click()
ActivePresentation.Slides(1).Shapes("Oval_txt").TextFrame.TextRange.Text = Int(50 * Rnd + 1)
End Sub



Kode tersebut untuk membuat angka random antara 1 sampai 50. Anda bisa merubahnya sesuai tahap belajar anak. Jika sudah tambahkan gambar sebagai background agar lebih menarik. Simpan aplikasi yang telah anda buat dengan Save As > beri nama file > pilih Save As Type : Powerpoint Maco-Enabled Presentation. Aplikasi siap dijalankan dengan klik slide show atau klik F5. Mudah bukan?

Aplikasi ini bisa anda download dengan klik di sini. Semoga bermanfaat.



10 comments:

  1. Ok deh..
    Makasih Pak Agus atas ilmunya. Akan saya coba..

    ReplyDelete
  2. Makasih kunjungannya bu Umi dan Bu Asih

    ReplyDelete
  3. wah, kreatif pak, lanjutkan!!

    ReplyDelete
  4. Maturnuwun bu Suka atas kunjungannya

    ReplyDelete
  5. Thanks ya Pak Agus
    Memberikan motivasi dan inspiratif saya....
    Semoga Berkah Ilmunya.....

    ReplyDelete
  6. makasih pak tutorialnya,makin suka belajar vba.
    http://buguruari.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. saya sangat suka dengan website Bapak; bisa ngak pas kita klik ulangi soal acak tidak sama

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top