Sahabat...kembali kita lanjutkan belajar kita mengenai Visual Basic for Aplication(VBA) pada Powerpoint. Kali ini kita akan belajar bersama mengenai variabel. Sahabat tentu tahu, apakah variabel itu ?



Variabel merupakan tempat  untuk menyimpan suatu data atau nilai secara sementara. Pada umumnya variabel berupa teks  yang singkat sesuai dengan data yang dikandungnya. Sebagai contoh, perhatikan variabel-variabel berikut :
Panjang=TextBox1
Lebar=TextBox2
TextBox3=Panjang*Lebar
Contoh di atas menunjukkan bahwa Panjang dan Lebar adalah variabel untuk menyimpan nilai input dari control TextBox1 dan TextBox2. Sedangkan, TextBox3 adalah control TextBox yang akan menampilkan hasil perkalian antara nilai yang tersimpan pada variabel Panjang dan Lebar.
Sebuah variabel sebaiknya diberi nama secara singkat, jelas, dan sesuai data yang dikandungnya. Sebagai  contoh Panjang, Lebar, Luas, dan sebagainya. Ada beberapa aturan yang harus kita perhatikan dalam pemberian nama sebuah variabel, yaitu :
  1. Pemberian nama variabel harus dimulai dengan huruf abjad
  2. Pemberian nama variabel tidak boleh menggunakan spasi. Jika kita hendak menggunakan dua kata maka sebagai ganti dari spasi kita gunakan tanda garis bawah, misalnya : Luas_Lingkaran
  3. Pemberian nama variabel dianjurkan tidak menggunakan karakter khusus, seperti tanda koma (,), titik koma (;), titik dua (:),  tanda tanya (?), tanda seru (!), dan sebagainya.
  4. Pemberian nama dua atau lebih variabel dalam ruang lingkup yang sama tidak diperkenankan menggunaan nama yang sama.
  5. Pemberian nama variabel tidak boleh mengacu pada nama prosedur

Demikian sekilas mengenai variabel dan aturan pemberian nama pada variabel. Jangan lupa tinggalkan masukan dan komentar di bawah artikel ini untuk perbaikan, ya ! Semoga bermanfaat !

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top