Waktu semakin cepat berlalu. Tak terasa kita telah memasuki tahun baru 2012. Tentu saja ada sejuta harapan terbentang di tahun baru ini. Harapan akan semakin baiknya negeri ini, khususnya bagi dunia pendidikan di Indonesia.
Jika kita refleksi sejenak perjalanan dunia pendidikan di tahun 2011, maka bisa kita amati bagaimana para guru sudah mulai memanfaatkan internet untuk mendukung pembelajaran. Di antaranya dengan membuat blog guru.
Di tahun baru ini kita berharap jumlah guru yang memanfaatkan internet dengan memiliki dan menggunakan blog guru untuk pembelajaran para siswa mengalami perkembangan yang pesat. Mengingat saat ini internet telah menjangkau berbagai daerah di Indonesia, baik di pusat maupun di daerah, baik di kota-kota maupun di pedesaan dan telah si akses oleh para siswa.



Mengapa harus blog guru?
Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa pemanfaatan internet ini harus dengan blog guru untuk pembelajaran. Kita telah mengetahui bahwa saat ini antusias siswa terhadap internet sangat besar, sehingga momentum ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya dengan menyediakan media pembelajaran bagi para siswa. Blog merupakan media pembelajaran berbasis internet yang sangat mudah kita sediakan bagi para siswa. Mengingat saat ini telah banyak penyedia blog gratis yang bisa kita manfaatkan, di antaranya blogspot, wordpress, multiply, blogdetik, dan sebagainya. Pembuatan blog pun kini terasa semakin mudah. Selain itu saat ini sangat mudah kita temukan berbagai penyedia layanan internet.
Dengan blog guru kita bisa memaksimalkan pembelajaran kita yang terbatas oleh waktu di ruang kelas. Dengan blog guru maka para guru bisa memposting materi pembelajaran yang bisa dipelajari siswa secara mandiri, menampilkan berbagai animasi menarik, menampilkan daftar nilai siswa yang bisa di akses oleh siswa dan orang tua siswa, menampilkan perangkat pembelajarannya, maupun berinteraksi dengan siswa tanpa dibatasi waktu pembelajaran di sekolah.


Untuk mewujudkanya tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Perlu kesadaran semua pihak, baik pemerintah, sekolah, guru, siswa, dan masyarakat.  Di tahun 2012 ini saya ingin mewujudkan resolusi ini dengan berbagai hal yang bisa saya perbuat, di antaranya :

  1. Memaksimalkan pengelolaan blog saya sebagai media pembelajaran bagi siswa
  2. Memaksimalkan blog saya sebagai media berbagi dengan sesama guru mengenai berbagai hal, terutama mengenai optimalisasi blog dan multimedia pembelajaran.
  3. Meningkakan frekuensi berbagi dengan sesama guru melalui pelatihan-pelatihan blog sebagai media pembelajaran
  4. Mengkampanyekan pentingnya blog sebagai media pembelajaran di berbagai jejaring sosial dunia maya maupun forum/media lainnya.

Mengingat begitu besarnya peran blog guru untuk kemajuan pendidikan Indonsia maka mari kita manfaatkan blog guru sebagai media pembelajaran berbasis internet di tahun 2012 ini.

19 comments:

  1. cocok..mudah2an smakin meningkatkan kualitas pendidikan...

    ReplyDelete
  2. Pada prinsipnya saya setuju bila para guru mengeksplorasi kemampuannya melalui aktifitas ngeblog, sehingga hal tsb dpt memperkaya konten-konten pendidikan di dunia maya. Namun kenyataan di lapangan kemampuan & minat guru untuk memanfaatkan & menciptakan pembelajaran dengan media komputer secara offline saja masih sangat terbatas. Misal: materi pelajaran yg terkemas dlm PPT, MPI, Video, dll. Aktifitas online tentu saja lebih banyak sarana & kemampuan yg lebih memadai. Menurut saya sebelum "pencanangan" seperti judul di atas,ada upaya dari berbagai pihak terkait agar para pendidik (tidak hanya guru) maupun siswa benar-benar sudah familier dengan media TIK secara offline. Belum lagi, sbagian besar aktifitas online saat ini masih didominasi permainan (game online & jejaring sosial), hal ini mrpakan kendala tersendiri. Salam Pendidikan, selamat berjuang...tetap smangat dan salut atas keberhasilan yg telah di capai...

    ReplyDelete
  3. Terima kasih Pak Tri Goesema dan Pak Te Ha...mari kita mulai di tahun ini... agar tak semakin ketinggakan... kita yang melek IT bertanggung jawab memahamkan teman2 yg lain... bravo guru Indonesia

    ReplyDelete
  4. Bagaimana mengatasi masalah kemalasan dalam meng update blog kita ya mas?

    ReplyDelete
  5. Blog guru,saya sepakat...tp blog guru untuk pembelajaran siswa...nanti dulu,...saya mau menengok siswa2 saya di Paranggupito,kapan kira2 siswa siswi saya bisa akses internet?jangan2 saya buat blog untuk pembelajaran trnyata siswa siswi saya malah bingung,...untuk sasaran sekolah kota mungkin bisa,tp untuk sekolah2 pinggiran mungkin perlu dipertimbangkan...hehe...gt pendapat saya

    ReplyDelete
  6. Bisa dengan target pak Arsyad... for example one day one posting...

    ReplyDelete
  7. Tentu ini butuh dukungan semua pihak pak Fajar... pemerintah sediakan jaringannya...sekolah pun harus pro aktif and inovative

    ReplyDelete
  8. Topik yang baguss sobb...
    jgn lupa kunjungi juga punya ane..

    http://sigitirmawan.com/tuntaskan-skripsi-di-2012-my-resolution

    tinggalkan komentar yah,..
    happy blogging and happy new year..

    ReplyDelete
  9. I like this. Two thumbs up.
    Memang sudah era internet, daripada anak-anak ke warnet cuma buka facebook dan game online jauh lebih baik mereka juga membuka blog untuk belajar.

    ReplyDelete
  10. Terima kasih kunjungan dan komentarnya pak sigit dan bu yati...Sukses selalu

    ReplyDelete
  11. mantab gan resolusinya.... mampir dan komen juga ya, ke... http://rhianzflash.blogspot.com/2012/01/resolusi-juara.html

    ReplyDelete
  12. Resolusi yang penuh inspiratif masbro! kunjungilah Resolusi Saya
    Benar,saya sangat setuju bahwa internet harus mendukung kegiatan para guru, secara guru adalah penentu / indikator keberhasilan para siswanya di sekolah ya kan?

    ReplyDelete
  13. Terima kasih atas kunjungannya sahabat2... Siap kunjung balik.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Setuju pa... guru pun sekarang harus melek teknologi, meskipun bukan bidangnya. tapi perkembangan jaman yg menuntut untuk melakukan perubahan terutama internet untuk pendidikan.
    Klik juga :Cahyamedia

    ReplyDelete
  16. Begitulah..Mari kita mulai sejak tahun ini...OK...makasih..Siap kunjung balik

    ReplyDelete
  17. Salam kenal
    Betul harus di optimalkan SDM dan pemanfaatan ICT yang tepat guna. Mampir di blog http://pcahyono.blogspot.com/

    Salam kreatif...

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top