Sejalan dengan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dewasa ini maka pembelajaran dengan pendekatan berbasis TIK (ICT Based Learning) sungguh tidak terelakkan implementasinya. Pendekatan ini terbukti telah menjadikan proses pembelajaran lebih efektif, dan sejalan dengan itu pendekatan ini jugamemacu kreativitas, menghapus kejenuhan dan menciptakan berbagai bentuk inovasi pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran itu sendiri.

Inovasi-inovasi yang muncul dalamICT Based Learning diantaranya berupa implementasi Multimedia Pembelajaran Inovatif(MPI) yang lebih modern dari sekedar media pembelajaran konvensional dan membawa nafas kehidupan baru dalam penyelenggaraan pendidikan. MPI yang sering disebut dengan CD Interaktif tersebut merupakan sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran mandiri yang berisi satu topik sajian yang utuh dari standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu yang dikembangkan dengan menggunakan berbagai software aplikasi. Berbagai penelitian hampir selalu menyebutkan bahwa kegiatan ini berdampak postif pada proses pembelajaran dengan adanya kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan kemudahan bagi siswa menyerap materi pelajaran.

Dalam mensikapi kondisi yang demikian dan untuk lebih memantapkan perannya dalam mendukung kemajuan pendidikan nasional maka Microsoft Indonesia bermaksud menyelenggarakan kompetisi guru inovatif Indoneisa dalam pengembangan MPI dan implementasinya dalam bentukPenelitian Tindakan Kelas (PTK)dengan tajuk"National Inovative Teacher Competition 2011 "dengan sasaran peserta guru di seluruh Indonesia.

Dasar

Undang-undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
Program CSR Microsoft Partners in Learning
Peserta

Peserta adalah Guru Indonesia yang masih aktif mengajar di TK/RA/PAUD, SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB dan SMK/MAK atau sederajat.

Tujuan

Meningkatkan kreativitas guru-guru Indonesia dalam mendesain, mengembangkan, dan mengimplementasikan Multimedia Pembelajaran Inetraktif (MPI) sebagai alternatif pembelajaran berbasis ICT(ICT Based Learning) yang dibuktikan kebermanfaatannya dalam sebuah Penelitian Tindakan Kelas.

Hasil yang diharapkan

Terciptanya karya-karya original MPI yang inovatif dan diimplementasikan dalam PTK serta terbukti efektif meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Dokumen Terkait

Silahkan download dokumen-dokumen yang terkait pada website resmi NITC 2011 [klik di sini]

Sumber : http://kompetisiguruinovatif.com/tentang-kompetisi.aspx

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top