Perhatikan Hal ini Ketika Membeli Mobil di Tempat Jual Mobil Bekas Secara Kredit

Membeli mobil menjadi hal yang tidak terlalu aneh belakangan ini. jika pada masa silam, membeli mobil masih tergolong sulit lantaran harganya yang cukup mahal, kini membeli mobil bisa dilakukan oleh berbagai kalangan. Bukan hanya dikarenakan harganya yang lebih bervariasi, metode pembayarannya pun kini lebih beragam. Hal ini bukan hanya berlaku di tempat jual mobil baru tapi juga di tempat jual mobil bekas.


Bagi Anda yang memiliki niat membeli mobil keadaan bekas dengan cara kredit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Berikut ulasannya.

1. Memiliki Referensi yang Baik

Salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum membeli mobil dengan keadaan bekas secara kredit adalah pastikan untuk memiliki referensi yang cukup. Pastikan untuk membandingkan kendaraan di tempat jual mobil bekas yang satu dengan yang lainnya terlebih dahulu sebelum membeli.  Memiliki referensi yang baik seputar mobil dapat membantu dalam proses memilih serta menilai mobil yang pas dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk mempertimbangkan keamanan serta kenyamanan, jangan hanya terfokus pada desain mobilnya saja.

Karena kendaraan yang akan dibeli merupakan kendaraan bekas pakai, pastikan untuk mengetahui kondisi terakhir mobil tersebut seperti kondisi mesinnya. Jangan sampai Anda membeli mobil dengan kondisi mesin yang buruk. Hal ini akan mempengaruhi tingkat kepuasan Anda.

2. Suku Bunga

Karena proses beli jual mobil bekas dilakukan dengan metode pembayaran kredit, maka hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli adalah suku bunganya. Suku bunga merupakan komponen yang harus dipertimbangkan. Suku bunga sendiri berpengaruh dalam total harga beli secara keseluruhan, selain itu juga akan mempengaruhi jumlah pembayaran cicilan tiap bulannya.

Semakin besar jangka waktu yang Anda ambil dalam pembayaran kredit tersebut, maka semakin besar pula bunga yang akan dibayarkan.  Keuntungan membeli mobil secara kredit adalah pembayaran tidak dilakukan secara sekaligus, namun jika suku bunga terlalu besar maka jarak harga pun akan semakin tinggi alhasil Anda akan membayar harga mobil jauh lebih mahal.

3. Cari Bonus

Pemberian bonus memang lebih umum diberikan untuk pembelian mobil baru. Namun tak jarang dealer atau tempat jual mobil bekas juga memberikan bonus untuk pembeli mobil second ini. Tidak ada salahnya untuk bertanya apakah dealer memiliki bonus tertentu atau tidak.

4. Hitung Terlebih Dahulu

Meskipun membeli mobil secara kredit tampak meringankan namun nyatanya pembelian dengan metode pembayaran ini jika dikalkulasikan akan lebih mahal dibandingkan membeli dengan metode bayar lunas. Meskipun begitu kredit memang menjadi hal yang tetap menguntungkan. Namun, pastikan terlebih dahulu harga total yang harus dibayar sebelum memutuskan membelinya.  Bukan hanya uang muka serta bayaran cicilan tiap bulannya, bayaran tambahan pun harus diperhitungkan terlebih dahulu.

Ada beberapa komponen biaya tambahan yang harus dikeluarkan misalnya seperti jaminan fidusia, pemeliharaan rutin, asuransi kendaraan hingga biaya provisi. Biaya mengurus mobil setelah dibeli juga harus dipikirkan. Jangan sampai keuangan menjadi tidak stabil karena kurang cermatnya dalam mepertimbangkan pembelian mobil yang tepat.

5. Tempat Membeli Mobil

Tempat jual mobil bekas juga penting untuk dipertimbangkan. Carilah dealer yang memiliki reputasi yang baik serta memiliki metode pembayaran yang beragam termasuk pembayaran secara kredit.  Jangan sampai Anda salah memilih tempat membeli mobil yang keliru. Pastikan juga bahwa dealer tersebut merupakan dealer professional sehingga kualitas kendaraannya masih dalam kondisi yang baik. Anda  bisa mengunjungi Auto2000.co.id untuk membeli mobil. Di auto2000 Anda bisa memilih kendaraan bekas dengan mesin yang masih berkualitas.

No comments

Powered by Blogger.