News Breaking
Live
wb_sunny

Terbaru

Catatan Perjalanan Simposium GTK 2016

Catatan Perjalanan Simposium GTK 2016

Perjalanan menuju Simposium GTK atau yang lebih dikenal dengan Simposium Guru 2016 menemui titik terang setelah diumumkannya karya yang lolos ke event nasional ini, Rabu (22/11) malam lalu. Ribuan guru di seluruh penjuru Indonesia menunjukkan antusiasnya di event ini. Sebanyak 3382 karya ilmiah dikirim oleh para peserta yang terbagi dalam 10 tema atau kategori. Dari 3.382 karya ini disaring 200 karya terbaik dari jenjang PAUD/TK, Dikdas (SD & SMP), Dikmen (SMA & SMK), serta Tendik (Tenaga Kependidikan).

Suatu anugerah besar bagi saya karena bisa masuk dalam 200 finalis yang bisa hadir mempresentasikan karya di Simposium GTK 2016. Kebetulan karya saya lolos dari tema atau kategori kesepuluh, yaitu “Teknologi informasi sebagai media dan sumber pembelajaran”. Di event ini saya bisa belajar dari para guru luar biasa dari seluruh Indonesia.

Catatan Perjalanan Simposium GTK 2016


Tips Lolos Simposium GTK
Sebenarnya jika disebut tips untuk lolos Simposium Guru tidak pas juga, he he... Saya sebut demikian berdasarkan penjelasan teknis panitia di awal kegiatan Simposium. Panitia mengapresiasi karya para guru yang bisa lolos sebagai finalis. Panitia menyebut para finalis adalah para juara karena telah terplih dari 3.382 karya yang masuk.

Panitia pun menjelaskan bahwa Simposum Guru bukan ajang diseminasi hasil penelitian. Event ini menjadi ajang ide-ide serta pemikiran yang dapat menjadi solusi dari berbagai permasalahan dunia pendidikan saat ini, sesuai 10 tema yang ditetapkan.

Berdasarkan penjelasan panitia tersebut, bagi para guru yang akan mengikuti Simposium Guru sebaiknya:
  • Membaca dan memahami pedoman kegiatan dengan seksama. Perhatikan ketentuan peserta maupun ketentua karya yang ditentukan dalam pedoman tersebut (jenis dokumen, sistematika, ukuran file, dan sebaginya).
  • Perhatikan setiap tema yang ditentukan beserta deskripsi masing-masing. Pastikan memahami permasalahan yang dihadapi pada tema tersebut, kemudian pastikan juga solusi yang kita tawarkan.
  • Kirim artikel sebelum batas pengiriman. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari gagal kirim, seperti yang terjadi pada banyak peserta tahun ini karena pengiriman karya dilakukan di waktu akhir pengiriman karya.

Demikian sedikit tips yang bisa saya tuliskan berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya sampai hari kedua di kegiatan ini. Semoga bermanfaat, silahkan di share agar lebih bermanfaat!


Tags

Langganan Artikel

Dapatkan update artikel terbaru melalui email Anda!

1 komentar: