News Breaking
Live
wb_sunny

Terbaru

Ketika Semangat Pergi

Ketika Semangat Pergi

Pagi ini tiba-tiba saya ingin menuliskan posting mengenai motivasi. Judul yang saya tuliskan “ketika semangat pergi” terinspirasi dari salah satu judul film yang saat ini sedang booming, yaitu “Ketika Mas Gagah Pergi”. Film ini diangkat dari sebuah novel setahu saya.
Saya terbiasa menulis berdasarkan apa yang sedang saya alami atau saya rasakan. Termasuk ketika harus menuliskan posting ini. Informasi terbaru yang saya terima sempat membuat saya kaget dan menurun semangatnya. Informasi yang menjadikan kami merasa harus mengundur target lulus dan wisuda dari kampus. Informasi tersebut akhirnya saya pahami secara positif, kampus memberikan peluang bagi kami untuk menambah ilmu di semester terakhir kami juga meberikan kesempatan lebih banyak di kampus untuk menyelesaikan tugas akhir kami.

Dengan adanya informasi tersebut saya mencoba menuliskan beberapa tips bagi sahabat sekalian. Beberapa tips ini mungkin dapat menjadi solusi bagi sahabat yang sedang down atau menurun semangatnya. Berikut tips untuk meningkatkan motivasi atau semangat kembali.
Pahami bahwa hidup adalah perjuangan
Hal pertama yang harus kita pahami sejak awal bahwa hidup adalah perjuangan. Hidup akan selalu dihadapkan pada ujian dan cobaan. Seberapa besar usaha yang kita lakukan sangat menentukan hasil perjuangan hidup kita. Sehingga, kita harus selalu berjuang dengan keras untuk mewujudkan setiap mimpi kita.
Yakinlah bahwa bersama kesulitan ada kemudahan
Hidup bagaikan roda, kadang di atas dan kadang di bawah. Suatu saat kita akan mendapatkan tantangan, permasalahan atau hambatan tapi suatu saat berikutnya kita akan dihadapkan pada berbagai kemudahan. Yakinlah bahwa di setiap tantangan dan hambatan yang kita hadapi akan selalu ada kemudahan dan solusi yang dapat kita lakukan. Kita harus meyakini bahwa bersama kesulitan ada kemudahan.
Bangkit dan teruslah berlari
Apabila kita sedang mengalami penurunan semangat maka segerlah bangkit. Hal yang dapat kita lakukan antara lain yaitu dengan sharing atau berbagi mengenai permasalahan yang sedang kita hadapi dengan sahabat kita. Yakinlah bahwa dengan berbagi maka permasalahan yang kita hadapi akan terasa lebih ringan. Berbagai solusi pun akan kita dapatkan dari para sahabat kita dengan senantiasa sharing.
Berlatih manajamen konflik
Manajemen konflik saya pahami sebagai upaya yang nyata mengubah sebuah masalah atau tantangan menjadi sebuah peluang. Berbagai masalah yang kita hadapi harus kita sikapi secara arif dan kita lihat sisi positifnya. Yakinlah bahwa di setiap permasalahan terdapat hikmah besar yang berharga bagi kita. Dengan kita selalu berpikir positif maka berbagai permasalahan akan mudah kita hadapi.
Demikian beberapa tips untuk meningkatkan motivasi. Semoga bermanfaat!


Tags

Langganan Artikel

Dapatkan update artikel terbaru melalui email Anda!

1 komentar:

  1. Super sekali, terimakasih tips nya.....selamat mencoba

    ReplyDelete