News Breaking
Live
wb_sunny

Terbaru

Langkah Cuci Tangan Tepat Menggunakan Sabun

Langkah Cuci Tangan Tepat Menggunakan Sabun

Membiasakan kebiasaan baik memang memberikan banyak manfaat positif juga, salah satu contohnya adalah dengan mencuci tangan. Mandi mungkin sudah menjadi kegiatan rutin dan wajib namun bagaimana dengan hanya membersihkan satu bagian tubuh saja yaitu tangan, tentunya tak kalah penting bukan, apalagi jika melihat bahwa tangan merupakanorgan yang sering kali bersentuhan dengan benda asing dan digunakanuntuk berbagai aktifitas lain, memasak, mencuci dan makan, tentunya Anda tak ingin bukan ada kuman yang ikut tertelan, jadi selalu terapkan langkah cuci tangan sebelummelakukan kegiatan tersebut.

Langkah mencuci tangan yang tepat tak hanya mengandalkan air saja melainkan juga sabun, begitu juga denganlangkah-langkah tepatnya, paling tidak berikut ini beberapakiat tepat dalam mencuci tangan yang harus Anda ketahui, yaitu:
  • Basahi seluruh bagian tangan menggunakan airyang mengalir,air yang digunakan juga harus bersih ya.
  • Ambillah sabun kemudian gosok hingga berbusa, Anda bisa menggunakan sabun batangan maupun cair, namun utamakan sabun kesehatan untuk hasil yang optimal.
  • Mulailah menggosok tangan dengan sabundari bagian punggung dan telapak tangan hingga bersih.
  • Lanjutkan ke sela-sela jari, bagian inisering kali terlupakan padahal menjadi tempat bersarangnya kuman.
  • Jangan lupa untuk membersihkan kukujuga, sering kali setelah melakukan kegiatan banyak sekali kotoran yang menempel pada kuku, untuk menghindarinya Anda bisa memotong secara teratur agar tak mudah dimasukikotoran danmenjaditempatberkembangbiaknyakuman.
  • Gosok juga bagian jari-jari secarabergantian hingga semua bagian benar-benar bersih.
  • Lanjutkan dengan pergelangan tangan.
  • Bilas menggunakan air yang mengalir hingga benar-benar bersih.
  • Lap menggunakan handuk bersih atau dengan tisue.
Sekarang tangan Anda sudah bersih dari kotoran yang terlihat maupun kuman yang tak terlihat,ingat langkahcuci tangan mudah tersebut dan selalu terapkan dalam berbagai kondisi. Mencuci tangan juga bermanfaat untukmemotong rantai persebaran penyakit. Akan lebih baik jika kebiasaan tersebut diajarkan pada anak-anak sejak dini.

Tags

Langganan Artikel

Dapatkan update artikel terbaru melalui email Anda!

Post a Comment