News Breaking
Live
wb_sunny

Terbaru

Mengenal Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Powerpoint

Mengenal Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Powerpoint

Microsoft Visual Basic 6.0 merupakan software untuk membuat program di computer berbasis windows. Visual Basic 6.0 memakai bahasa pemrograman BASIC (Beginner All-Purpose Symbolic Instruction Code) yang merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sederhana dan mudah untuk dipelajari. Dengan visual Basic 6.0 kita bisa menciptakan suatu program denan beberapa keunggulan, di antaranya adalah mudah mudah digunakan dan mudah dikembangkan akan tetapi tidak mengurangi kualitas dan keindahan desain programnya.
Bagi para sahabat yang ingin memanfaatkan Visual Basic ini tidak harus memiliki software Microsoft Visual Basic 6.0 atau versi lainnya. Karena aplikasi Visual Basic ini sudah ada di Micrsoft Office 2007 maupun Microsoft Office 2010. Salah satunya di Microsoft Office Powerpoint.
Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Microsoft Office Powerpoint ada di dalam menu Developer sebagaimana ditunjukkan gambar di bawah ini :


Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Microsoft Office Powerpoint selama ini banyak digunakan untuk membuat soal evaluasi, di mana nilai siswa akan muncul otomatis ketika selesai mengerjakan soal. Ternyata, masih banyak sekali kedahsyatan Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Microsoft Office Powerpoint yang masih belum tersentuh. Di antaranya dengan VBA kita bisa membuat berbagai simulasi menarik. Simulasi untuk matematika dan fisika di antaranya :

  1. Menghitung luas bangun datar
  2. Menghitung keliling bangun datar
  3. Menghitung jarak, kecepatan, dan waktu pada gerak
  4. Menghitung besarnya massa jenis, massa, maupun volume benda
  5. dan sebagainya.

Menarik bukan..... Jadi tunggu apa lagi, ayo belajar lebih giat mengenai Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Microsoft Office Powerpoint ini. Tunggu posting berikutnya mengenai Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Powerpoint di blog Catatan Sang Pengajar ini.

Tags

Langganan Artikel

Dapatkan update artikel terbaru melalui email Anda!

9 komentar

  1. Saya tunggu trik2 nya pak.., makasih dah sharing.. :)

    ReplyDelete
  2. di laptop saya kok tidak ada developer-nya? padahal 2007 juga apa ada cara memunculkannya? tahanks.

    ReplyDelete
  3. Munculkan dgn klik office button - powerpoint options - centhang pada show developer tab ribbon ... Terima kasih kunjungannya

    ReplyDelete
  4. makasih pak Agus. sy tunggu ilmunya lagi.

    ReplyDelete
  5. saya merasa tertarik dengan artikel yang Bapak muat. Saya ingin merancang tes dengan vba PPT, bisa ga kasih tau caranya !! Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Ini silahkan coba :

    http://www.sangpengajar.com/2012/11/quiz-dengan-vba-versi-baru.html

    ReplyDelete
  7. kalo qt bikin kuisnya bersyarat,misal bila salah dalm jumlah tertentu langsung game over bagaiman scriptnya pak?
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  8. power point saya tahun 2007 tapi kok belum ada menu developernya pak? bagaimana solusinya?

    ReplyDelete